SEMUA ADA HIKMAHNYA

? SEMUA ADA HIKMAHNYA

✍NASEHAT SYAIKH AL ALBANI

Seorang Muslim tidaklah mencukupkan diri hanya dengan menyatakan ke-islamannya. Tapi haruslah diikuti dengan upaya yang sungguh sungguh untuk belajar guna memahami Islam dan mengamalkannya. Sungguh belajar ilmu adalah wajib bagi setiap muslim. Ketahuilah, menuntut ilmu adalah suatu kemuliaan yang sangat besar dan menempati kedudukan tinggi yang tidak sebanding dengan amal sunnah apapun (Imam al Qurtubi).

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda :

طلب العلم فريضة على كل مسلم
” Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim. (H.R Ibnu Majah dari Anas bin Malik).

Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani memberi nasehat kepada para penuntut ilmu. Dalam Kitab Hayat al Albani dinukil nasehat beliau sebagai berikut :

Pertama : Hendaklah kamu menuntut ilmu semata mata ikhlas karena Allah. Untuk mencapai derajad yang Allah telah khususkan bagi  orang berilmu. Tidak menginginkan dibalik itu, balasan atau terima kasih.

Allah berfirman :

(.. يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ)
”..Niscaya Allah akan mengangkat orang orang yang beriman dan orang yang diberi ilmu   beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti (atas) apa yang kamu kerjakan. (Al Mujaadilah 11)

Kedua : Menjauhi perkara yang menggelincirkan kamu dari perasaan ujub dan berfatwa tanpa melihat pendapat para ulama terdahulu.

Ketiga : Menasehati manusia dengan cara terbaik. Menghindari  cara yang kaku dan keras dalam berdakwah. Allah berfirman

(ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ ۖ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ ۚ )
“ Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik dan ajaklah diskusi dengan jalan yang baik”. (An Nahal 125).

Semoga betmanfaat.
(Azwir Chaniago)

?Abu Yusuf Masruhin Sahal,Lc

✏?✒.?..?✨

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.