Metode dalam Menuntut Ilmu

🔥 Metode dalam Menuntut Ilmu

✍Nasehat Syaikh Ibnu Utsaimin رحمه الله.

1. Semangatlah dalam menghafal Kitabullah dan buatlah setiap hari waktu khusus untuk membaca dengan bacaan yang disertai tadabbur dan memahami. *Jika Anda mendapatkan faedah ditengah-tengah bacaan Anda, maka catatlah faedah tersebut.*
2. Semangatlah untuk menghafal apa yang mudah bagi Anda berupa hadits-hadits yang shahih dari Rasululllah shallallahu alaihi wa salam, diantaranya menghafal kitab “Umdatul Ahkam”.
3. Semangatlah untuk fokus dan kokoh (dalam mendapatkan ilmu), dengan Anda tidak mengambil sedikit ilmu dari “orang ini” dan sedikit lainnya dari “orang itu”. Karena hal ini hanya menyia-nyiakan waktu dan mengacaukan pikiran Anda.
4. Mulailah dari kitab-kitab yang kecil (sederhana) dan pelajarilah baik-baik, kemudian berpindah ke yang lebih di atasnya, sampai Anda mendapatkan ilmu setahap demi setahap sehingga ilmu tersebut kokoh terpatri di dalam hati Anda dan jiwa anda menjadi tenang.
5. Semangatlah untuk mengetahui pokok-pokok dan kaedah-kaedah setiap permasalahan. Catatlah setiap yang Anda lewati dari hal ini, sebagaimana perkataan : “Barangsiapa yang diharamkan (dijauhkan)darinya pokok-pokok permasalahan, maka dijauhkan pula untuk dia sampai terhadap titik permasalah tersebut”
6. Diskusikan permasalahan-permasalahan bersama guru Anda atau orang yang terpercaya ilmu dan agamanya dari kalangan teman-teman Anda. Kalau seandainya tidak ada seseorang yang bisa Anda ajak berdiskusi, maka buatlah di benak Anda seolah-olah ada seseorang sedang berdiskusi dengan Anda. Demikianlah (apa yang bisa aku sampaikan) dan aku memohon kepada Allah Ta’ala agar mengajarkan ilmu yang bermanfaat bagimu dan menjadikan ilmu tersebut bermanfaat bagimu, serta menambahakan ilmu kepadamu.
Semoga Allah menjadikanmu termasuk dari hamba-hamba-Nya yang shalih dan golongan-Nya yang beruntung

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ditulis oleh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin pada tanggal 3 Rajab 1412 H Majmu’ Fatawa Wa Rasail asy- #Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah Jilid 26 hal. 435
(manhajulanbiya.com)

✏📚✒…

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.