Menyibukkan diri dengan Kalamulloh

💧 *Menyibukkan diri dengan Kalamulloh …*

✍Allah menjanjikan kemuliaan bagi setiap hamba yang berinteraksi dengan Al-Qur’an baik di dunia maupun di akhirat.
Salah satu ni’mat Allah yang terbesar kepada seorang hambanya adalah ketika dia disibukkan dengan Al-Quran. Dan salah satu anugerah Allah yang paling indah adalah ketika hati seseorang disibukkan dengan Kalamullah. Ketika itu jiwanya akan selalu dekat dengan Allah dan menjadi indah berinteraksi dengan Al-Qur’an dalam hatinya.

Allah menjanjikan kemudahan bagi hambanya untuk berinteraksi dengan Al-Qur’an.
Allah berfirman:

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ
Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Qur’an untuk peringatan atau pelajaran, maka adakah orang yang (mau) mengambil pelajaran?” (Al-Qamar:17)

Syaikh ‘Abdurrahman as-Sa’di رحمه الله berkata,
“Makna ayat ini: Sungguh Kami telah menjadikan al-Qur’an yang mulia itu mudah, lafazhnya mudah untuk dihafalkan dan disampaikan kepada orang lain, juga kandungan maknanya mudah untuk dipahami dan dimengerti. Karena al-Qur’an adalah perkataan yang paling indah lafazhnya, yang paling benar kandungan maknanya, dan paling jelas penafsirannya. Maka setiap orang yang menghadapkan diri bersungguh-sungguh mempelajarinya, Allah akan memudahkan baginya dan meringankannya untuk mencapai tujuan tersebut.
Peringatan atau pelajaran yang dimaksud dalam ayat ini meliputi semua bentuk peringatan atau pelajaran bagi manusia, baik itu berupa penjelasan halal dan haram, hukum-hukum perintah dan larangan, hukum-hukum balasan pahala atau siksaan di akhirat, nasehat-nasehat dan perenungan, keyakinan-keyakinan yang bermanfaat serta berita-berita yang benar.
Oleh karena itu, ilmu tentang Al-Qur’an, baik dalam hal menghafalnya atau memahami tafsirannya, adalah ilmu yang paling mudah dan paling tinggi kedudukannya dalam Islam secara mutlak. Inilah ilmu yang bermanfaat, jika seorang hamba bersungguh-sungguh mempelajarinya maka dia akan ditolong dimudahkan oleh Allah untuk memahaminya. Salah seorang Ulama Salaf mengomentari ayat ini dengan mengatakan, “Apakah ada orang yang mau bersungguh-sungguh menuntut ilmu mempelajari Al-Qur’an sehingga Allah akan menolongnya?.
Oleh karena itu, Allah memotivasi para hamba-Nya untuk menghadapkan diri dan bersungguh-sungguh mempelajari al-Qur’an, dalam firman-Nya di akhir ayat ini:

فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ
Maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?
(Taisirul Karîmir Rahman, h. 825, Syaikh As-Sa’di)

Keutamaan bagi orang yang menyibukkan diri dengan Al-Qur’an adalah mereka dijadikan Ahlulloh, sebagaimana sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم :

إِنَّ لِلَّهِ أَهْلِينَ مِنَ النَّاسِ قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، مَنْ هُمْ؟ قَالَ: هُمْ أَهْلُ الْقُرْآنِ، أَهْلُ اللَّهِ وَخَاصَّتُهُ
“Sesungguhnya di antara manusia ada yang menjadi ‘ahli’ Allah”. Para Sahabat Radhiyallahu anhum bertanya, “Wahai Rasulullah! Siapakah mereka?’ Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Mereka adalah ahli al-Qur’an, (merekalah) ahli (orang-orang yang dekat dan dicintai) Allâh dan diistimewakan di sisi-Nya.”(HR Ahmad, 3/127; Ibnu Majah, 78 dishohihkan Al-Albany)

Dan para Ulama Salaf telah menjadi teladan bagi generasi berikutnya ummat ini dalam menyibukkan diri mereka dengan Al-Qur’an. Ada diantara mereka yang mengkhatamkan Al-Qur’an setiap 3 hari, atau 7 hari atau 1 bulan. Dan mereka menjadikan Al-Qur’an sebagai kesibukan harian mereka.
Adapun gambaran kesibukan mereka dengan Al-Qur’an, bisa terlihat dari nasihat Malik bin Dinar رحمه الله berikut ini,

كان مالك بن دينار يقول:
من لم يأنس بحديث الله عن حديث المخلوقين ، فقد قل علمه، وعمي قلبه، وضيع أمره.
📚 روضة العقلاء ونزهة الفضلاء، ابن حبان

Berkata Malik bin Dinar:
Barangsiapa yang tidak nyaman dengan pembicaraan Allah (yaitu Al-Qur’an) dibanding dengan pembicaraan makhluk, maka sungguh dia itu sedikit ilmunya, buta hatinya, dan menjadi sia-sia urusannya.
📚Roudhotul ‘Uqola’ wa Nuzhatul Fudhola’, Ibnu Hibban

Wallahu a’lam

🍃Abu Yusuf Masruhin Sahsl, Lc

✏📚✒.📒..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.