Lemahnya kekuatan selain Allah …

💧 Lemahnya kekuatan selain Allah …

✍Manusia yang paling jahil dan tidak berakal adalah manusia yang terjerumus dalam kesyirikan.
Mereka menjadikan makhluk yang lemah sebagai penolong dan penopang hidupnya.
Dan kesyirikan itu betul-betul membutakan akal dan menutupi pikiran mereka. Mulai dari pelaku kesyirikan pertama di zaman Nabi Nuh عليه السلام sampai zaman Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم, bahkan sampai akhir zaman.
Lihatlah Namrud, pemuja kesyirikan dewa-dewa yang ketika dihancurkan patung berhalanya oleh Nabi Ibrohim عليه السلام, lalu mereka murka kepada Nabi Ibrohim. Dan tatkala Nabi Ibrohim memberitahukan bahwa yang melakukannya adalah berhala yang paling besar, maka mereka semakin murka kepada Nabi Ibrohim.
Demikian pula, kita melihat fenomena yang ada di zaman kita ini.
Tatkala diberitahukan bahwa wali-wali yang mereka sembah dengan tabarruk dikuburannya itu tidak mampu memberikan manfaat sedikitpun, maka mereka marah dan memusuhi orang-orang mengingatkannya dengan sekeras-kerasnya permusuhan.
Padahal mereka semua sesembahan selain Allah itu lemah.
Allah sendiri yang berfirman,

مَثَلُ ٱلَّذِینَ ٱتَّخَذُوا۟ مِن دُونِ ٱللَّهِ أَوۡلِیَاۤءَ كَمَثَلِ ٱلۡعَنكَبُوتِ ٱتَّخَذَتۡ بَیۡتࣰاۖ وَإِنَّ أَوۡهَنَ ٱلۡبُیُوتِ لَبَیۡتُ ٱلۡعَنكَبُوتِۚ لَوۡ كَانُوا۟ یَعۡلَمُونَ
“Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.”(Al-Ankabut 41)

Ini merupakan perumpamaan yang dibuat oleh Allah untuk menggambarkan perihal kaum musyrik karena mereka mengambil tuhan-tuhan selain Allah yang mereka harapkan pertolongan dan rezekinya serta mereka pegang di saat mereka tertimpa kesengsaraan. Keadaan mereka dalam hal tersebut sama dengan rumah laba-laba dalam hal kelemahan dan kerapuhannya. Orang yang menyembah tuhan-tuhan seperti mereka tiada lain seperti orang yang berpegangan pada rumah laba-laba, maka sesungguhnya hal itu tidak dapat memberikan suatu manfaat pun kepadanya. Sekiranya mereka mengetahui keadaan tersebut, tentulah mereka tidak akan menjadikan penolong-penolong mereka selain dari Allah. Berbeda halnya dengan orang muslim lagi beriman hatinya kepada Allah, selain dari itu dia beramal dengan baik sesuai dengan hukum syariat. Maka sesungguhnya dia berpegang teguh kepada tali yang kuat yang tidak akan terputus karena kekuatan dan kekokohannya.
(Tafsir Ibnu Katsir)

Berkata Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi,
Setelah Allah menerangkan kelemahan sesembahan orang-orang musyrik, Dia menjelaskan kepada yang lebih tinggi lagi, yaitu bahwa berhala dan patung itu tidak ada apa-apanya, bahkan mereka hanya sekedar nama dan keyakinan yang mereka ada-adakan, padahal jika diteliti, maka akan diketahui dengan jelas kebatilannya. Yakni sesembahan yang mereka harapkan manfaatnya. Rumah tersebut tidak menghalangi panas, dingin dan bahaya yang menimpa. Laba-laba tergolong hewan yang lemah, dan rumahnya adalah rumah yang paling lemah. Oleh karena itu, tidak ada yang mengambilnya sebagai rumah pelindung kecuali akan menambah kelemahan untuknya. Demikianlah berhala dan patung yang mereka jadikan sebagai pelindung, mereka tidak dapat memberikan manfaat kepada para penyembahnya; mereka lemah dari berbagai sisi, dan jika menjadikan mereka sebagai penguat, maka hanya menambah kelemahan belaka. Jika mereka memiliki pengetahuan tentang keadaan mereka dan keadaaan yang mereka jadikan sebagai pelindung, tentu mereka tidak akan menjadikannya sebagai pelindung dan akan berlepas diri dari mereka, dan tentu mereka akan menjadikan Allah Yang Mahakuasa lagi Maha Penyayang sebagai pelindung mereka, di mana barang siapa yang menyerahkan urusan kepada-Nya, maka Dia akan mencukupkannya dan akan menguatkannya.
(An-Nafahat Al-Makkiyah, Muhammad bin Shalih asy-Syawi)
Wallahu a’lam

🍃Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

✏📚✒.🎗…

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.