ISLAM ADALAH AGAMA KASIH SAYANG

ISLAM ADALAH AGAMA KASIH SAYANG

Segala puji bagi Alloh pemilik nama Ar-Rahman Ar-Rahim, Dialah yang memiliki rahmat yang luas meliputi semua makhluknya :

( وَرَحْمَتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ (

“ Tiada datang seorang rasul pun kepada mereka melainkan mereka selalu memperolok-olok kannya “ ( Al-A’raf : 156).

Di antara rahmat Alloh bahwasanya Dia jadikan Rasulullah ( sebagai rahmat bagi semesta alam :

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

“Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (QS. Al Anbiyaa’ : 107).

Dan Alloh dengan rahmatNya telah menjadikan di setiap zaman sebuah kelompok yang tetap berjalan di atas agama yang haq, agama yang dibawa oleh Rasulullah ( dan yang ditempuh oleh para sahabatnya, Rasulullah ( bersabda :

لن تزال طائفة من أمتي منصورين لا يضرهم من خذلهم حتى تقوم الساعة

“Tidak henti-hentinya sekelompok dari umatku yang mendapat pertolongan ( dari Alloh ) tidak ada yang bisa membahayakan mereka siapapun yang menelantarkan mereka hingga tegaknya kiamat ( Diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya 5/34, Tirmidzi dalam Sunannya 4/485 , dan Ibnu Majah dalam Sunannya 1/5 dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albany dalam Shahih Sunan Ibnu Majah ).

Ath-Thoifah Al-Manshuroh ini adalah Ahli Sunnah wal Jama’ah sebagaimana dinashkan oleh para imam seperti Al-Imam Bukhari , Al-Imam Ahmad bin Hanbal, dan Qadhi Iyadh ( Lihat Syarah Nawawi atas Muslim 13/66-67 dan Fathul Bari 1/164 ).

Maka Ahli Sunnah adalah representasi resmi dari Islam sebagaimana dikatakan oleh Al-Imam Bisyr bin Harits : Islam adalah Sunnah, dan Sunnah adalah Islam ( Syarhu Sunnah hal. 126 ).

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah ketika menjelaskan siapa itu Ahlus Sunnah, beliau berkata :

هُمْ أَعْلَمُ بِالْحَق وَأرحم بِالْخَلْقِ

“Mereka adalah orang-orang yang paling mengetahui kebenaran lagi paling penyayang terhadap makhuk.” (Minhajus Sunnah An Nabawiyah 5/158)

Maka Dakwah Islam Ahlus Sunnah wal Jama’ah adalah dakwah yang penuh kasih sayang terhadap manusia, dan bukanlah dakwah yang ekstrim dan menyeramkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.