HATI-HATI DARI TEMAN YANG JELEK

HATI-HATI DARI TEMAN YANG JELEK

Di antara sebab-sebab penyimpangan dari jalan yang lurus adalah teman yang jelek yang menyimpang, sesungguhnya pengaruh teman sangat besar sekali atas agama seseorang, Rasulullah  bersabda :
الرجل على دين خليله فلينظر أحدكم من يخالل
“ Seseorang berada pada agama teman dekatnya maka hendaknya seorang dari kalian melihat siapakah yang dijadikan sebagai teman dekat ” ( Diriwayatkan oleh Abu Dawud di dalam Sunannya 4/259 dan Tirmidzi di dalam Jami’nya 4/589 dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani di dalam Shahihul Jami’ : 3545 ).
Penyimpangan ibarat virus yang menular, orang yang menyimpang dijadikan oleh syaithan sebagai sarana penyimpangan teman-temannya, berapa banyak dari para pemuda yang terjerumus ke dalam dunia narkoba dengan sebab temannya, berapa banyak pemuda terperosok ke dalam dunia kriminal dengan sebab temannya, berapa banyak dari pemuda yang sebelumnya mengasihi dirinya dan keluarganya kemudian berbalik menjadi bencana atas keluarga dan masyarakatnya dengan sebab temannya, berapa banyak dari para pemuda yang terjebak ke dalam pemikiran yang menyimpang sehingga mengkafirkan kaum muslimin dan meneror mereka dengan sebab teman yang membawanya.
Dan terapi atas sebab ini adalah hendaknya seorang pemuda memilih teman yang baik, shalih, berakal, yang dikenal dengan Sunnah serta menghasung atas kebaikan dan jama’ah. Seyogyanya sebelum menjadikan siapapun sebagai teman agar mengenal tentang keadaannya, jika dia berakhlak baik dan bemanhaj yang lurus itulah yang dia cari, akan tetapi jika sebaliknya maka wajib untuk berhati-hati dan menjauhinya, jangan sampai terpedaya dengan ucapan yang manis dan penampilan yang menarik. Demikian juga hendaknya para orang tua untuk mencarikan teman-teman yang baik bagi anaknya dan mengecek siapa saja yang dijadikan teman oleh anaknya, jangan sampai membiarkan mereka berteman dengan siapa saja.

( Petikan dari kitab Inhirafusy Syabab Asbabuhu wa Wasa’ilu ‘Ilajihi oleh Syaikh Prof. Dr. Sulaiman bin Salimullah Ar-Ruhaili ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.