Hal yang membinasakan

๐Ÿ’– *Hal yang membinasakan …*

โœHati merupakan bagian terpenting bagi seorang manusia. Jika hati ini baik, maka seluruhnya akan baik pula. Sebaliknya, jika hati itu rusak, maka rusak juga seluruh anggota.

Penyakit hati adalah penyakit yang sangat berbahaya, dan terkadang si penderita tidak bisa merasakannya. Kalaupun ia merasakannya, namun susah baginya untuk bersabar dalam mengobatinya. Karena obat sakit hati adalah dengan melawan hawa nafsunya. Dan ini hal yang memerlukan pengorbanan besar.
Memang hati adalah poros kebahagiaan sekaligus sumber kebinasaannya. Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:

ุฃูŽู„ูŽุง ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽุณูŽุฏู ู…ูุถู’ุบูŽุฉู‹ ุฅูุฐูŽุง ุตูŽู„ูŽุญูŽุชู’ ุตูŽู„ูŽุญูŽ ุงู„ู’ุฌูŽุณูŽุฏู ูƒูู„ู‘ูู‡ู ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ููŽุณูŽุฏูŽุชู’ ููŽุณูŽุฏูŽ ุงู„ู’ุฌูŽุณูŽุฏู ูƒูู„ู‘ูู‡ู ุฃูŽู„ูŽุง ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽู„ู’ุจู
Ingatlah, sesungguhnya di dalam tubuh kalian terdapat segumpal daging; bila ia baik, maka akan baik seluruh badannya. Namun bila ia rusak, akan rusak pula semua tubuhnya. Ingatlah, itu adalah hati.”(HR Bukhory, Muslim)

Rusaknya hati merupakan musibah terbesar bagi orang yang beriman. Sebab, rusaknya hati akan merusak semua kebaikan yang telah kita lakukan.
Diantara doa yang paling sering Nabi memintanya kepada Alkah adalah agar hatinya terus dijaga dalam kebaikan,

ูŠูŽุง ู…ูู‚ูŽู„ูู‘ุจูŽ ุงู„ู’ู‚ูู„ููˆุจู ุซูŽุจูู‘ุชู’ ู‚ูŽู„ู’ุจูู‰ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฏููŠู†ููƒูŽ
โ€œWahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.โ€
Ummu Salamah pernah menanyakan kepada Rasulullah, kenapa doโ€™a tersebut yang sering beliau baca. Nabi ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… menjawab,

ูŠูŽุง ุฃูู…ูŽู‘ ุณูŽู„ูŽู…ูŽุฉูŽ ุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุขุฏูŽู…ูู‰ูŒู‘ ุฅูู„ุงูŽู‘ ูˆูŽู‚ูŽู„ู’ุจูู‡ู ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุฃูุตู’ุจูุนูŽูŠู’ู†ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุตูŽุงุจูุนู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ููŽู…ูŽู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ุฃูŽู‚ูŽุงู…ูŽ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ุฃูŽุฒูŽุงุบูŽ
โ€œWahai Ummu Salamah, yang namanya hati manusia selalu berada di antara jari-jemari Allah. Siapa saja yang Allah kehendaki, maka Allah akan berikan keteguhan dalam iman. Namun siapa saja yang dikehendaki, Allah pun bisa menyesatkannya.โ€ (HR. Tirmidzi, 3522 dishohihkan Al-Albani)

Berkata Imam Fudhoil bin Iyadh ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡,

ุฎู…ุณ ู…ู† ุนู„ุงู…ุงุช ุงู„ุดู‚ูˆุฉ :
โ€ข ุงู„ู‚ุณูˆุฉ ููŠ ุงู„ู‚ู„ุจ ุŒ
โ€ข ูˆุฌู…ูˆุฏ ุงู„ุนูŠู† ุŒ
โ€ข ูˆู‚ู„ุฉ ุงู„ุญูŠุงุก ุŒ
โ€ข ูˆุงู„ุฑุบุจุฉ ููŠ ุงู„ุฏู†ูŠุง ุŒ
โ€ข ูˆุทูˆู„ ุงู„ุฃู…ู„.
Lima tanda kebinasaan:
โ€ข Bekunya hati
โ€ข Keringnya air mata
โ€ข Sedikitnya rasa malu
โ€ข Cinta dunia
โ€ข Panjang angan-angan
(Syu’ab Al-Iman, Al-Baihaqy, 10/182

Wallahu a’lam

๐ŸƒAbu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

โœ๐Ÿ“šโœ’.๐Ÿ’‰…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.