Faedah Doa Menjelang tidur

?Faedah Doa Menjelang tidur

✍Dari Al-Barro’ bin Azib, bahwa Rasululloh صلى الله عليه و سلم pernah menyampaikan pesan kepadanya, supaya setiap kali mau mendatangi tempat tidurnya untuk membaca doa ini,

اَللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِيْ إِلَيْكَ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِيْ إِلَيْكَ، وَوَجَّهْتُ وَجْهِيَ إِلَيْكَ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِيْ إِلَيْكَ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ، لاَ مَلْجَأَ وَلاَ مَنْجَا مِنْكَ إِلاَّ إِلَيْكَ، آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِيْ أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِيْ أَرْسَلْتَ

“Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepadaMu, aku menyerahkan urusanku kepadaMu, aku menghadapkan wajahku kepadaMu, aku menyandarkan punggungku kepadaMu, karena senang (mendapatkan rahmatMu) dan takut pada (siksaanMu, bila melakukan kesalahan). Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari (ancaman)Mu, kecuali kepadaMu. Aku beriman pada kitab yang telah Engkau turunkan, dan (kebenaran) NabiMu yang telah Engkau utus.” Apabila Engkau meninggal dunia (di waktu tidur), maka kamu akan meninggal dunia dengan memegang fitrah (agama Islam)”.

Kata Rasululloh,
“Jika seseorang membaca dzikir di atas ketika hendak tidur lalu ia mati, maka ia mati di atas fithrah (mati di atas Islam), dan jika dia mendapati pagi harinya maka dia akan mendapatkan kebaikan.” (HR. Al-Bukhari, 6313 dan Muslim, 2710.)

Mereka yang membaca doa ini ketika mau tidur menunjukkan kuatnya ketawakkalan dan keyakinannya kepada Alloh.
Dia memasrahkan semua urusan dirinya kepada Alloh. Dan ketika Alloh menjadi pelindung seorang hambanya, maka tidak ada yang bisa mendatangkan marabahaya sedikitpun kepadanya. (Syarh Riyadhus sholihin, Syaikh Ibnu Utsaimin)

Sebagaimana yang terjadi pada 7 pemuda Ashabul Kahfi.
Mereka tidur 300 tahun lebih dijaga fisiknya oleh Alloh dan ketika bangun tidak ada yang berkurang sedikitpun dari kesehatan maupun kebugarannya.
Ini tidak lain karena penjagaan Alloh kepada mereka.
Dan mereka dijaga oleh Alloh karena keimanan dan ketawakkalannya kepada Alloh.

Wallohu a’lam

?Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

✏?✒?.?..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.