3 Kesalahan Yg Sering Pada Kurban

3 Kesalahan Yg Sering Pada Kurban

Abu Ubaidah As Sidawi

Ada beberapa kesalahan yg sering terjadi saat ibadah kurban dan penyembelihan. Perlu kami luruskan agar ibadah kita sesuai aturan. Di antaranya :

1. Anggapan bahwa waktu penyembelihan hanya hari raya Idhul adha saja, sedangkan hari tasyrik Gak boleh

Keyakinan ini jelas salah, karena yg benar hari2 tasyrik juga waktu penyembelihan.
Rasulullah bersabda:

ูƒูู„ูู‘ ุฃูŽูŠูŽู‘ุงู…ู ุงู„ุชูŽู‘ุดู’ุฑููŠู’ู‚ู ุฐูŽุจู’ุญูŒ

Seluruh hari Tasyrik adalah waktu penyembelihan (kurban).(HR.Ahmad 4/82, Ibnu Hibban 1008, Baihaqi 9/295. Dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahih al-Jamiโ€™:4537).

2. Menajamkan pisau di depan hewan yang akan disembelih atau menyembelih di depan hewan lainnya.

Hal ini merupakan kekeliruan. Karena Islam mengajarkan kita untuk sayang kepada binatang yg akan disembelih, sedangkan hal itu akan menyakiti perasaannya.

Ibnu Abbas berkata, โ€œRosululloh pernah melihat orang yang sedang bersiap menyembelih seekor kambing, dan orang itu menajamkan pisaunya di hadapan kambing tersebut, melihat hal itu Rosululloh berkata,

ุฃูŽุชูุฑููŠู’ุฏู ุฃูŽู†ู’ ุชูู…ููŠู’ุชูŽู‡ูŽุง ู…ูŽูˆู’ุชูŽุงุชู, ู‡ูŽู„ุงูŽู‘ ุญูŽุฏูŽุฏู’ุชูŽ ุดูŽูู’ุฑูŽุชูŽูƒูŽ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุถู’ุฌูŽุนูŽู‡ูŽุงุŸ

Apakah engkau akan membunuhnya berkali-kali? Tidakkah engkau tajamkan pisaumu sebelum kambing itu dibaringkan?!.(HR.Baihaqi 9/280, Hakim 4/233, Thabrani 3/140, Abdurrazaq 8608. Disahihkan oleh al-Albani dalam as-Shahihah: 24)

3. Keyakinan bahwa orang yg berkurban tidak boleh makan daging kurbannya.

Ini adalah keyakinan yg keliru. Tidak ada dasarnya dalam Islam, bahkan sebaliknya justru orang yg kurban dianjurkan memakan sebagian daging kurbannya, sebagaimana dalam Al Quran (QS. Al Hak: 36) dan dipraktekkan oleh Nabi, sampai2 sebagian ulama malah ada yg mewajibkannya.

Lentera Da’wah:
๐Ÿ“š CHANNEL LENTERA DAKWAH
Channel Telegram @yusufassidawi
๐Ÿ“ฒ JOIN : http://bit.ly/LenteraDakwah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.