๐Ÿ’ง Hari Raya ‘Idul Fithri …๐Ÿ’–

๐Ÿ’ง Hari Raya ‘Idul Fithri …๐Ÿ’–

โœRayakan penuh dengan kebahagiaan dan suka cita ….
โบ Saling Berkunjung
Tidak mengapa pada hari Id berkunjung kepada kaum kerabat, tetangga dan teman-teman. Hal tersebut telah menjadi kebiasaan masyarakat pada Hari Raya. Ada pula yang mengatakan bahwa hal itu termasuk dalam hukum disunnahkannya merubah arah jalan (saat berangkat dan pulang) dari tempat pelaksanaan shalat Id.
Mayoritas ulama berpendapat disunnahkannya pergi ke tempat shalat Id menempuh satu jalan dan pulang melewati jalan yang lain. Dari Jabir bin Abdullah radhiallahu anhuma, dia berkata, “Adalah Nabi shallallahu alaihi wa sallam, pada hari Id menempuh jalan yang berbeda (antara pergi dan pulang.” (HR. Bukhari, no. 943)
Al-Hafiz Ibnu Hajar berkata tentang hukum tersebut, ‘Ada yang mengatakan, hendaknya dia mengunjungi kerabatnya, baik yang hidup maupun yang telah mati.’ Ada pula yang mengatakan, ‘Hedaknya bersilaturrahim.’ (Fathul Bari, 2/473)
โบMemberikan Ucapan Selamat
Boleh diucapkan dengan berbagai ungkapan yang dibolehkan. Yang paling utama adalah dengan mengucapkan,

ุชู‚ุจู„ ุงู„ู„ู‡ ู…ู†ุง ูˆู…ู†ูƒู…
“Semoga Allah menerima (amal ibadah) kita semua.”
Karena redaksi ini bersumber dari para shahabat radhiallahu anhum.
Dari Jabir bin Nafir dia berkata, ‘Adalah para shahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam, apabila mereka bertemu pada hari Id, satu sama lain berkata, taqabbalallahu minna wa minka.” Al-Hafiz menyatakan bahwa sanad riwayat ini hasan dalam kitab Fathul Bari, 2/517.
Imam Malik rahimahullah ditanya, ‘Apakah dimakruhkan seseorang berkata kepada saudaranya jika selesai shalat Id, ‘Taqabbalallahu minnaa wa minka, ghafarallahu lana wa lak, lalu saudaranya menjawab seperti itu pula?’ Beliau menjawab, ‘Tidak makruh.’ (Al-Muntaqa Syarhul Muwaththa, 1/322)
Syaikhul Islam Ibnu Taimiah rahimahullah berkata, ‘Mengucapkan selamat pada Hari Raya, yang satu sama lain saling mengucapkan ‘taqabbalallahu minka wa minkum’ atau ‘Ahaalahullahu alaika’ dan semacamnya. Hal ini telah diriwayatkan dari sejumlah shahabat bahwa mereka telah melaksanakannya. Para imam pun telah memberikan keringanan dalam masalah ini, seperti Imam Ahmad dan lainnya. Akan tetapi Imam Ahmad berkata, ‘Saya tidak memulainya kepada seorang pun, tapi jika seseorang telah memulainya kepadaku, maka aku menjawabnya, karena menjawab ucapan selamat itu wajib.’
Adapun memulai mengucapkan selamat, hal itu bukan merupakan sunah yang diperintahkan, tapi juga bukan perkara yang dilarang. Yang melakukannya, ada teladan baginya, dan siapa yang meninggalkannya, juga ada teladan baginya. (Majmu Al-Fatawa, 24/253)
โบ- Melebihkan Makan dan Minum
Tidak mengapa berlebih dalam hal makan dan minum atau memakan makanan yang baik. Apakah hal itu dilakukan di dalam rumah atau di restoran di luar rumah. Hanya saja tidak dibolehkan dilakukan di restoran yang menyajikan khamar, atau restoran yang menyenandungkan musik di seluruh ruangan, atau restoran yang memungkinkan bagi laki-laki non mahram melihat wanita.
Boleh jadi, yang lebih utama dilakukan di sebagian daerah adalah melakukan perjalanan darat atau laut, agar menjauh dari tempat-tempat yang sudah terkenal sebagai tempat ikhtilat antara laki dan perempuan atau tempat yang terkenal dengan penyimpangan syari’inya.
Dari Nubaisyah Al-Huzali radhiallahu anhu, dia berkata, ‘Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berkata, ‘Hari-hari Tasyrik adalah hari-hari makan dan minum dan berzikir kepada Allah.” (HR. Muslim, no. 1141)
โบ. Permainan Yang Dibolehkan.
Tidak mengapa membawa keluarga melakukan perjalanan darat mauupun laut, atau mengunjungi tempat-tempat yang indah, atau pergi ke tempat permainan yang dibolehkan, sebagaimana tidak dilarang mendengar nasyid yang tidak ada musiknya.
Dari Aisyah, dia berkata, ‘Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mendatangiku, sedangkan padaku ada dua orang budak anak perempuan yang sedang menyanyi dengan lagu-lagu bu’ats, maka beliau berbaring di atas tikar dan memalingkan wajahnya. Lalu Abu Bakar datang dan langsung menghardikku, ‘Seruling setan ada di samping Nabi shallallahu alaihi wa sallam?’ Lalu Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menghadapnya sambil berkata, ‘Biarkan keduanya’. Maka ketika dia lengah, aku isyaratkan keduanya untuk keluar. Hari itu adalah Hari Raya, orang-orang hitam sedang bermain-main dengan alat perang, entah aku yang meminta Nabi shallallahu alaihi wa sallam, atau dia yang berkata, ‘Engkau ingin melihat,’ Aku berkata, ‘Ya’. Lalu beliau menempatkan aku di belakangnya, pipiku menempel di pipinya, lalu dia berkata, ‘Lanjutkan permainan kalian wahai Bani Arfadah,’ dan ketika aku telah merasa bosan dia bertanya, ‘Sudah cukup?’ Aku berkata, ‘Ya’ Dia berkata, ‘Pergilah.’ (HR. Bukhari, no. 907 dan Muslim, no. 829)
Dalam sebuah riwayat, dari Aisyah dia berkata, ‘Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam suatu hari berkata, ‘Agar orang Yahudi mengetahui bahwa dalam agama kami terdapat kelapangan, sesungguhnya aku diutus dengan ajaran yang penuh toleran.” (Musnad Ahmad, 50/366, dinyatakan hasan oleh para ulama, dan Al-Albany menyatakan bahwa sanadnya bagus dalam silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, 4/443)
Imam Nawawi mencantumkan hadits ini dengan judul ‘Bab Keringanan Dalam Permainan Yang Tidak Mengandung Maksiat Pada Hari Id.”
Al-Hafiz Ibnu Hajar rahimahullah berkata,
‘Dalam hadits ini terkandung berbagai pelajaran; ‘Disyariatkannya memberi kelapangan rizki kepada keluarga pada hari-hari Id dengan berbagai macam bentuk yang dapat mendatangkan kesenangan jiwa dan ketenangan badan setelah lelah beribadah. Akan tetapi meninggalkan hal itu lebih utama.’
Dalam hadits ini juga terkandung ajaran bahwa menampakkan kegembiraan pada hari Id termasuk syiar agama. (Fathul Bari, 2/514)
Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata, ‘Yang dilakukan di tengah masyarakat saat Id juga adalah memberikan hadiah dan menghidangkan makanan dan saling mengundang, berkumpul dan bergembira. Ini merupakan adat yang tidak bermasalah, karena dilakukan pada hari Id. bahkan riwayat tentang masukan Abu Bakar radhiallahu anhu ke rumah Aisyah radhiallahu anha, dan seterusnya, padanya terdapat dalil bahwa syariat memberikan kemudahan dan keringan bagi hamba dengan memberikan kesempatan bagi mereka untuk bergembira pada hari Id.
(Majmu Fatawa Syekh Ibnu Utsaimin, 16/276)

Disebutkan dalam Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah (14/166)
Sangat jelas petunjuk syariat yang memerintahkan untuk memberikan kelapangan bagi keluarga pada hari Id sehingga jiwa mereka tenang dan fisik mereka terhibur setelah letih beribadah. Sebagaimana menampakkan kegembiraan pada hari-hari Id merupakan syiar agama, begitu pula permainan dan ketangkasan pada hari Id, mubah hukumnya, baik di masjid atau lainnya, jika dilakukan sebagaimana terdapat dalam hadits Aisyah tentang permainan senjata di kalangan orang Habasyah.”
Kita mohon semoga Allah menerima semua amal ibadah kita dan selalu memberi kita petunjuk pada jalan kebaikan di dunia maupun akhirat.
Wallahu a’lam. (Islamqa.info)

*ู‚ุงู„: ุงู„ุฅู…ุงู… ุงู„ุญุฏุงุฏ*
ู„ุง ุชุณูƒุจ ุงู„ุฏู…ุนุงุช ู„ุฑุญูŠู„ ุŒ ุฑู…ุถุงู† ูุฑู…ุถุงู† ุณูŠุนูˆุฏ ุŒ ู„ูƒู† ุงุณูƒุจ ุงู„ุฏู…ุนุงุช ุฎุดูŠุฉ ุฃู† ูŠุนูˆุฏ ุฑู…ุถุงู† ูˆุฃู†ุช ุฑุงุญู„ .
_Jangan tumpahkan air mata atas kepergian Ramadan, karena Ramadan pasti akan kembali._
_Tapi tumpahkan air mata, karena takut saat Ramadan kembali lagi sementara engkau keburu pergi._

*ุชู‚ุจู„ ุงู„ู„ู‡ ู…ู†ุง ูˆู…ู†ูƒู… ุชู‚ุจู„ ูŠุงูƒุฑูŠู…*
*ู…ู† ุงู„ุนุงุฆุฏูŠู† ูˆุงู„ูุงุฆุฒูŠู† ูƒู„ ุนุงู… ูˆุงู†ุชู… ุจุฎูŠุฑ*
*SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN*

*( Masruhin Sahal, Lc, Dr. Tita Kusmawati dan keluarga )*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.