💦Salam …

💦Salam …

✍Islam agama haq yang disyariatkan Alloh untuk ummatnya sampai hari kiamat. Islam adalah agama persaudaraan dan kasih sayang. Agama ini senantiasa mendorong dan memotivasi ummatnya untuk memelihara keduanya. Sehingga Allah mensyariatkan beberapa hal yang akan menjadi sebab dari terwujudnya kasih sayang tersebut.
Diantaranya adalah pensyariatan adab tahiyyah (penghormatan).
Tahiyyah dalam Islam adalah dengan ucapan salam.
Lafadz salam yang paling baik dan sempurna adalah,

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته.

Salam adalah adab yang tinggi yang diajarkan dalam Islam.
Nabi صلى الله عليه وسلم menjadikan salam termasuk diantara 6 hak sesama muslim yang harus ditunaikan.(HR Muslim).

Alloh mewajibkan orang mukmin untuk membalas salam dengan baik dan paling baik.
Firrmannya,

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيبًا

“Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.”(An-Nisa: 86)

Dan hukum memulai salam adalah sunnah, tetapi menjawabnya adalah fardhu kifayah jika ada yang mengucapkannya.(Taudhihul Ahkam, Syaikh Abdulloh Al-Bassam).

Nabi bersabda :

إِذَا لَقِيَ أَحَدُكَمْ أَخَاهُ فَلْيُسَلِّمْ عَلَيْهِ ، فَإِنْ حَالَتْ بَيْنَهُمَا شَجَرَةٌ أَوْ جِدَارٌ أَوْ حَجَرٌ ثُمَّ لَقِيَهُ فَلْيُسَلِّمْ عَلَيْهِ أَيْضًا
Apabila salah seorang dari kalian berjumpa dengan saudaranya sesama Muslim, hendaklah ia mengucapkan salam kepadanya ! Kemudian apabila keduanya terhalang pohon atau tembok atau batu lantas berjumpa lagi, maka hendaklah ia mengucapkan salam lagi.(HR. Abu Dâwud, 5200 dishohihkan Al-Albany).

Alloh menjadikan salam sebagai adab mulia yang diajarkan langsung dari sisi-Nya.

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَىٰ أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً ۚكَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ
” Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat (Nya) bagimu, agar kamu memahaminya.”(An-Nur : 61)

Salam menjadi adab yang mengantarkan seseorang ke surga.

Dari Abdullah bin Salam, ia berkata: “Ketika Rasulullah صلى الله عليه وسلم datang ke Madinah, orang-orang segera pergi menuju beliau (karena ingin melihatnya).
Ada yang mengatakan: Rasulullah telah datang, lalu aku mendatanginya ditengah kerumunan banyak orang untuk melihatnya. Ketika aku melihat wajah Rasulullah, aku mengetahui bahwa wajahnya bukanlah wajah pembohong.
Dan yang pertama kali beliau ucapkan adalah, ‘Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berikan makan, sambunglah silaturrahim, shalatlah di waktu malam ketika orang-orang tertidur, niscaya kalian akan masuk Surga dengan selamat.”(HR At-Tirmidzy, 2485, Ibnu Majaj, 1334 dishohihkan Al-Albany)

Rasulullah bersabda:

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ , لا تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا ، وَلا تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا ، أَوَلا أَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ ؟ أَفْشُوا السَّلامَ بَيْنَكُمْ
“Demi Dzat yang jiwaku ditangan-Nya, kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Dan kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai.
Maukah kalian aku tunjukkan kepada sesuatu yang jika kalian melakukan sesuatu itu kalian akan saling mencintai?
Sebarkanlah salam diantara kalian.”(HR Muslim)

Bagi seorang Muslim, ucapan salam jauh lebih baik dari sapaan-sapaan gaul atau pun greets ala barat. Karena saling mengucapkan salam akan menumbuhkan kecintaan terhadap hati sesama muslim serta dengan sendirinya membuat suasana Islami di tengah kerabat dan keluarga.

Semoga bermanfaat.

🍃Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

✏📚✒.👤..💦

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.