💦Jagalah Ketakwaanmu…!

💦Jagalah Ketakwaanmu…!
✍Dizaman yang banyak fitnah dan kemaksiyatan, menjaga ketakwaan merupakan amal yang sangat berat.

Sekalipun demikian, seorang mukmin tidak boleh putus asa. Karena menjaga ketawaan merupakan syarat datangnya solusi masalah.
Allah berfirman :
وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا. ويرزقه من حيث لا يحتسب ومن يتوكل على الله فهو حسبه إن الله بالغ أمره قد جعل الله لكل شيء قدرا.
“Barangsiapa yang Bertakwa kepada Allah niscaya (Allah) akan mengadakan baginya jalan ke luar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”(Ath-Thalâq: 2-3)

Berkata Ibnu Katsir,”Barang siapa Bertakwa kepada Allah تعالى dengan menjalankan semua perintah dan menjauhi larangan-larangan, akan mendapatkan taufik (kemudahan) untuk mengenali antara kebenaran dan kebatilan. Dan itu (pada gilirannya) merupakan faktor yang mendatangkan keberuntungan, keselamatan dan solusi bagi masalahnya di dunia dan kebahagiaannya di hari Kiamat”.

Orang yang bertakwa dijanjikan Alloh berikut ini:
Alloh berfirman,
“Hai orang-orang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan. Dan kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar. (Al-Anfal:29)
⏺Al-Furqaan (pembeda)
yaitu bisa membedakan antara yang haq dan yang bathil
⏺Dijauhkan dari kesalahan & dijaga dari terjerumusnya diri ke dalam kemaksiatan.
⏺Diampuni dosa-dosanya.
Firmannya dalam surat Ath-Tholaq ayat 2-4:
⏺Al-Makhraj (jalan keluar) dari masalah kesulitan hidup
⏺Diberi rizki dari arah yang tidak disangka-sangka
⏺Diberi kecukupan semua kebutuhannya.
⏺Al-yusro (kemudahan) baik dalam menempuh kehidupan dunia ataupin menjalankan ibadah kepada Alloh.
⏺Al-Huda (petunjuk), yaitu petunjuk didunia untuk mendapatkan kebaikan dunia dan akherat (Al-Baqoroh:2)
⏺ Al-Barokah (berkah), dijauhkan dari adzab.
Alloh berfirman
وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ
“Seandainya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatan mereka.” (Al-A’rof:96)
⏺Dijanjikan pahala yang besar dan surga. Inilah janji yang paling agung untuk mereka yang bertakwa.
(Ali imron:133)

Semua yang dijanjikan Allah di atas adalah buah ketaqwaan selama di dunia sementara buah ketaqwaan kelak adalah rahmatNya yaitu surgaNya. Dan janji Allah tidak akan pernah ingkar…

📌Inilah balasan yang pasti yang dijanjikan Allah kepada setiap hambanya yang bertaqwa, yang hanya takut kepada-Nya dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi semua larangan-larangannya.

🌴 Inilah ketaatan yang diharuskan dari setiap mukmin kepada Robbnya, tanpa mengharapkan imbalan dunia tapi semata-mata ingin mendapatkan ridho Rabb-Nya.

🌴Allah tidak akan membiarkan sia-sia amalan kebaikan hambanya didunia terlebih di akheratnya, Allah akan memberikan balasan yang lebih baik dan lebih sempurna.

🍒Rujukan:Tafsir Ibnu Katsir

🍃Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

  ✏📚✒.🌾..🌴✨

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.