💦 Eratnya kaitan dzalim dengan bakhil …

💦 Eratnya kaitan dzalim dengan bakhil …

✍Bakhil itu menjadikan manusia mudah terjerumus kedalam kedzaliman.

Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda,

اتَّقوا الظُّلمَ . فإنَّ الظُّلمَ ظلماتٌ يومَ القيامةِ . واتَّقوا الشُّحَّ فإنَّ الشُّحَّ أهلك من كان قبلكم . حملهم على أن سفكوا دماءَهم واستحلُّوا محارمَهم
” Jauhilah perbuatan zalim, karena kezaliman akan membawa kegelapan di hari kiamat. Dan jauhilah dari sifat kikir dan tamak , karena ia telah menghancurkan umat sebelum kalian. Ia telah mendorong mereka menumpahkan darah saudara mereka sendiri dan menghalalkan kehormatan mereka.. (HR Muslim, 2578)

Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ telah menjelaskan dampak negatif yang diakibatkan dari penyakit bakhil ini dalam sabdanya :

اياكم والشح فان الشح أهلك من كان قبلكم امرهم بالقطيعة فقطعوا وأمرهم بالبخل فبخلوا وامرهم بالفجور ففجروا (رواه الامام احمد)
“Hati-hatilah kamu terhadap sifat bakhil, karena bakhil telah merusak orang-orang sebelum kalian. Mereka disuruh memutuskan silaturrohmi maka merekapun memutuskannya, mereka disuruh berbuat kikir merekapun melakukannya, mereka disuruh berbuat maksiyat maka merekapun melakukannya”( HR Imam Ahmad disohihkan Al-Albany dalam Ash-Shohihah, 2/513).

Rasulullah bersabda, “Hati-hatilah kalian terhadap perbuatan kikir, karena sifat kikir telah menjerumuskan orang-orang yang sebelum kalian, sehingga mereka menumpahka darah-darah mereka, dan telah menjerumuskan orang-orang yang sebelum kalian sehingga mereka memutuskan hubungan silaturahminya, dan telah menjerumuskan orang-orang yang sebelum kalian sehingga mereka menghalalkan apa yang diharamkan untuk mereka.” (HR Imam Ahmad disohihkan Al-Albany dam At-Targhieb, 2603)

Karena kebakhilan, seseorang berbuat dzolim kepada Rabbnya. Dia tidak mau mengeluarkan kewajiban zakat hartanya.

Karena kebakhilan, seorang berbuat dzolim kepada saudaranya. Dia putuskan tali silaturrohmi, tidak ada lagi rasa empati kepada saudaranya untuk meringankan sedikit membantu kebutuhan saudaranya. Dia menjadi manusia yang tega melihat saudaranya sengsara.

Karena kebakhilan menjadi rusak tatanan alam, menjadi musnah keharmonisan kehidupan.

Sehingga Rasulullah صلى الله عليه وسلم menyatakan, tidak pantasnya sifat bakhil itu ada dalam diri seorang yang beriman. Karena begitu keji dan kejamnya manusia yang bakhil.
Rasulullah bersabda,

خَصلتانِ لا يجتمعانِ في مؤمنٍ : البُخلُ ، وسوءُ الخُلُقِ
“Ada dua sifat yang tidak akan terkumpul pada orang yang beriman yaitu sifat kikir dan buruk sangka.( HR At-Tirmidzi disohihkan Al-Albany dalam At-Targhieb, 2608) .

Wallahu A’lam

🍃Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

   ✏📚✒.✨...💉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.