🍛Seimbang dalam makanan …🍲

🍛Seimbang dalam makanan …🍲

✍Tawazun (keseimbangan), atau proporsional adalah satu keistimewaan ajaran Islam, ia memiliki karakter yang seimbang dalam segala sesuatunya. Karenanya terlihat begitu indah.

Termasuk pula dalam hal makanan.

Pola makan kombinasi yang seimbang yang sekarang lagi marak dibahas dalam dunia gizi dan kesehatan, ternyata sudah dipraktekkan sejak lama oleh Nabi صلى الله عليه وسلم.
Istilah “food combining” adalah pola makan yang diselaraskan dengan ritme sirkardian (mekanisme alamiah tubuh manusia). Metode ini tidaklah membatasi jenis makanan tertentu, namun mengatur kombinasi makanan sehingga sesuai dengan kemampuan dan siklus pencernaan tubuh. Dengan menerapkan metode ini diharapkan beban pencernaan akan lebih ringan, tubuh dapat menyerap nutrisi secara sempurna, racun dapat dikeluarkan dari tubuh, dan sisa energi untuk pencernaan dapat disalurkan bagi perbaikan organ tubuh lainnya.

Dari Aisyah رضي الله عنها berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْكُلُ الْبِطِّيخَ بِالرُّطَبِ فَيَقُولُ نَكْسِرُ حَرَّ هَذَا بِبَرْدِ هَذَا وَبَرْدَ هَذَا بِحَرِّ هَذَا

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah makan labu dengan kurma segar. Kemudian beliau bersabda: “Kita menghilangkan panas ini dengan dinginnya ini, dan dingin ini dengan panas ini.” (HR. Abu Daud: 3339 dihadapkan Al-Albany)

Al-Imam Ibnul Qayyim berkata,
“Diantara cara menjaga kesehatan badan yang sesuai petunjuk Nabi صلى الله عليه وسلم adalah menyeimbangkan menu makanan antara yang bersifat panas dan dingin, sebagaimana hadits Aisyah,yaitu panasnya kurma beliau seimbangkan dengan semangka atau mentimun yang bersifat dingin. (Zadul Ma’ad)

Menurut Dr. Muhammad Suwardi diantara hidup sehat alami yang islami sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi صلى الله عليه وسلم adalah menggabungkan makanan dengan porsi yang seimbang, yaitu, dengan menggabungkan makanan pembentuk asam dengan makanan pembentuk basa, antara makanan pekat dengan makanan cair,” (Health Liputan6.com)

Wallahu a’lam.

🍃Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

✏📚✒.🥃..🍿

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.