🌹 Keberadaan ilmu…

🌹 Keberadaan ilmu…

✍Allah merupakan sumber dari segala sesuatu, ilmu dan kekuasaannya meliputi bumi dan langit, yang nyata maupun yang ghaib, dan tidak ada sesuatu yang luput dari pengawasannya.
Allah berfirman :

إِنَّمَاۤ إِلَـٰهُكُمُ ٱللَّهُ ٱلَّذِی لَاۤ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَۚ وَسِعَ كُلَّ شَیۡءٍ عِلۡمࣰا
“Sesungguhnya tuhanmu hanyalah Allah yang tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain dia. Ilmu-Nya meliputi segala sesuatu”.
Allah adalah sumber dari segala ilmu pengetahuan, baik ilmu pengetahuan umum maupun ilmu pengetahuan tentang Islam. Ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan alam semesta dan seisinya, adalah Allah yang maha mengetahui, ilmu keagamaan, sumber dan hukum-hukum dalam syariat islam, semuanya adalah bersumber dari Allah.

Ibnu Khaldun membagi ilmu menjadi dua macam, yaitu ilmu naqliyah atau ilmu yang berdasarkan otoritas, yaitu seperti tafsir, hadits, fikh. Dan ilmu aqliyah atau ilmu yang berdasarkan akal, yaitu seperti matematika,fisika.(Mukaddimah, Ibnu Khaldun)

Umar bin Al-Khaththab رضي الله عنه berkata,

الْعِلْمُ ثَلَاثَةٌ: كِتَابٌ نَاطِقٌ، وَسُنَّةٌ مَاضِيَةٌ، وَلَا أَدْرِيْ
“Ilmu ada tiga: Kitab (Al-Qur’an) yang berbicara, Sunnah (Nabi) yang terus berlaku, dan (upacan) ‘saya tidak tahu’.” [I’lamul Muwaqqi’in karya Ibnul Qayyim]

Imam Al-Ghazali berkata, “Ilmu diperolehi melalui akal dengan syarat akal itu diarahkan kepada pemikiran atau fitrah akal yang positif. Akal digunakan untuk berfikir dan memahami sesuatu hingga menghasilkan pengetahuan.
Ilmu yang dihasilkan melalui akal adalah ilmu usul-fikih atau ilmu istinbath (mengeluarkan hukum-hukum syariat berdasarkan dalil-dalil wahyu yang terperinci)”.(Al-Ihya’, Imam Al-Ghozali)

Wallahu a’lam

🍃Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

   ✏📚✒.💫...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.