🌹 Ilmu yang sebenarnya …

🌹 Ilmu yang sebenarnya …

✍Seseorang yang dianugerahi ilmu, berarti telah mendapatkan anugerah yang besar.
Allah berfirman,

یُؤۡتِی ٱلۡحِكۡمَةَ مَن یَشَاۤءُۚ وَمَن یُؤۡتَ ٱلۡحِكۡمَةَ فَقَدۡ أُوتِیَ خَیۡرࣰا كَثِیرࣰاۗ وَمَا یَذَّكَّرُ إِلَّاۤ أُو۟لُوا۟ ٱلۡأَلۡبَـٰبِ
“Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).” (Al Baqarah: 269)

Di antara manusia ada orang-orang yang Allah inginkan kebaikan dengan ilmu.
Sebab hanya dengan ilmu, manusia dapat membedakan antara yang haq dan yang batil, antara yang benar dan yang salah, antara yang lurus dari yang bengkok.
Sehingga mereka yang telah dianugerahi ilmu adalah orang-orang yang dikehendaki Allah kebaikan kepadanya.
Sebagaimana sabda Nabi صلى الله عليه وسلم,

من يرد الله به خيرا يفقهه في الدين
“Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan padanya, Allah akan faqihkan ia dalam masalah agama (ini).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Dan ilmu yang bisa menuntun seseorang kepada kebaikan dan keselamatan dunia dan akherat adalah ilmu tentang agamanya, yaitu yang bersumber dari firman Allah dan sabda Nabinya yang mulia.
Hanya dengan ilmu yang berasal dari Al-Qur’an dan As-Sunnah seorang muslim mengenal Rabbnya, Rasul-Nya dan agama Islam yang benar.
Hanya dengan ilmu itu seorang muslim dapat bersih dari syirik, bid’ah dan hawa nafsunya.

Al-Imam Al-Auza’i رحمه الله berkata,

العلم ما جاء به أصحاب محمد صلى الله عليه وسلم، فما كان غير ذلك فليس بعلم

“Ilmu adalah ajaran yang dibawa oleh para sahabat nabi Muhammad shallallahu’alaihi wa sallam, adapun selain itu maka bukanlah ilmu.”
[Jaami’ Bayaanil ‘Ilmi wa Fadhlih libni Abdil Barr rahimahullah, 2/29]

📌Semoga Allah memudahkan kita untuk meniti jalan ilmu yang haq. Ilmu yang bersumber dari cahaya Kalam Allah dan sabda Rasul-Nya. Yang dengan ilmu itu, telah menjadikan mulianya orang-orang Islam terdahulu dan yang akan datang.

🍃Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

   ✏📚✒.💧...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.