✍Tidak ada toleransi terhadap riba

?Riba …

✍Tidak ada toleransi terhadap riba.

Alloh berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا الرِّبَا أَضْعَافًا مُضَاعَفَةً ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda] dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.” [Ali ‘Imran : 130]

Riba itu termasuk perbuatan dholim yang menghancurkan.
Sebagaimana yang Rasulullah perintahkan kepada ummatnya untuk menjauhi 7 hal yang membinasakan, diantara dari 7 hal itu adalah riba.(HR Bukhory-Muslim).

Tadabbur ayat-ayat riba dalam surat Al-Baqoroh…

275 – Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.

⏺Alloh membuat perumpamaan yang sangat jelek bagi para pemakan riba.
⏺Semua pendapatan yang halal itu diserupakan dengan jual beli, sedangkan pendapatan dari harta yang haram diserupakan dengan riba
⏺Ancaman yang keras dengan adzab neraka bagi para pelaku riba

276 – Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.

⏺Alloh akan menghancurkan riba dengan menjadikan sedikit karena kedholimannya, dan akan memberi keberkahan pada sedekah karena halal dan baiknya.
Sedikitnya riba tidak mesti sedikit jumlahnya tapi bisa jadi banyak secara jumlah tapi sedikit manfaat dan berkahnya.

277 – Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

⏺Berlipat gandanya pahala amal sholih yang akan diberikan balasan yang besar oleh Alloh.

278 – Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman.

⏺Meninggalkan riba merupakan kesempurnaan iman dan bagian ketakwaan seorang mukmin

279 – Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.

⏺Betapa besarnya bahayanya riba.
Riba itu mendatangkan murka Alloh, sehingga mereka diperangi oleh Alloh dan Rasul-Nya.
Siapapun yang diperangi oleh Alloh maka dia tidak akan beruntung

280 – Dan jika (orang yang berhutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.

⏺Kewajiban untuk memberitangguh kepada orang yang belum mampu membayar hutang.
Dan pahala besar bagi mereka yang mau membebaskan hutang terhadap orang yang tidak mampu.

281 – Dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).

⏺Kewajiban setiap hamba untuk menjaga syariat, menjauhkan diri dari yang haram terutama riba.
Dan mempersiapkan diri dengan amal sholih untuk bekal dihari kiamat.

Wallohu a’lam

?Faedah diantara durus Romadhon 1438 H di masjid Al-Harom

?Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

✏?✒.?..?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.