⏱ Waktu yang berlalu tidak bisa diganti …

⏱ Waktu yang berlalu tidak bisa diganti …

Renungan surat Al-‘Ashr

✍Allah berfirman,

(1). وَالْعَصْرِ
(2). إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ
(3). إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

“Demi masa.
Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian,
kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”(Al-‘Ashr: 1-3)

Imam Syafi’i pernah mendapatkan pelajaran nasehat tentang waktu dari seorang ahli ibadah:

الوقت كالسيف فإن قطعته وإلا قطعك، ونفسك إن لم تشغلها بالحق وإلا شغلتك بالباطل

“Waktu laksana pedang. Jika engkau tidak menggunakannya, maka ia yang malah akan menebasmu. Dan dirimu jika tidak tersibukkan dalam kebaikan, pasti akan tersibukkan dalam hal yang sia-sia.”(Al-Jawabul Kafy, Ibnul Qoyyim)

Al Imam Muwaffaquddin Ibnu Qudamah Al Maqdisi berkata,

فلا تُضَيِّع جواهرَ عُمركَ النَّفيسة بغير عملٍ، ولا تذهبهَا بغير عوضٍ، واجتهد أن لا يخلو نَفسٌ من أنفاسك إلاَّ في عَمَلِ طاعةٍ أو قربةٍ تتقرب بها.
فإنَّك لو كانت معك جوهرةٌ من جواهر الدُّنيا لَسَاءَكَ ذهابها فكيف تُفَرِّطُ في ساعاتك وأوقاتك، وكيف لا تحزن على عُمرك الذَّاهب بغير عوض”

“Janganlah engkau sia-siakan permata umurmu yang berharga dengan ketiadaan amal, jangan engkau buang percuma waktumu tanpa adanya pengganti (pahala), bersungguh-sungguhlah agar setiap nafasmu tidak terlepas dari suatu amal ketaatan, atau dari suatu amal ibadah yang engkau pergunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah ﷻ.
Sungguh jika engkau memiliki suatu permata dunia, lalu permata tersebut hilang darimu, engkau akan sangat sedih, bahkan seandainya pun engkau kehilangan satu dinar, ini sangat menyakitkanmu, maka bagaimana bisa engkau menyia-nyiakan waktu-waktu mu ? Bagaimana bisa engkau tidak bersedih terhadap waktu hidupmu yang berlalu tanpa adanya pengganti (pahala) ? “(Al Washiyah hal. 12)
Wallahu a’lam

🍃Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

   ✏📚✒.🎗..🌹

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.